Home > Kegiatan > Pelatihan Jurnalistik

Main Menu


Warning: Parameter 1 to modMainMenuHelper::buildXML() expected to be a reference, value given in /home/sloki/user/pksqatar/sites/pks-qatar.net/www/libraries/joomla/cache/handler/callback.php on line 99

Login



Who's Online

We have 13 guests online

Site info..?

Giveaway of the day

Visitor Data

Pelatihan Jurnalistik

Tulisan didalam katagori ini sebagian besar bukanlah kejadian sebenarnya, hanya tulisan hasil karya peserta pelatihan.



Guru Kreatif? Harus!!! PDF Print E-mail
Kegiatan - Pelatihan Jurnalistik
Written by ima nurhikmah   

Kreativitas itu proses yang memang harus senantiasa dilatih dan bukan merupakan sesuatu yang instan. Perlu direncanakan, dipersiapkan dan lebih lagi perlu dipicu agar muncul menjadi sesuatu yang nyata. Demikian sepintas yang dikemukakan oleh Kak Andi Yudha pada pelatihan kreativitas guru yang diselenggarakan KAIFA Doha tanggal 6 Juni 2010 silam.

Pada kesempatan itu diperkenalkan metode “Gerak, Suara, dan Gambar”. Semua itu dilakukan agar materi yang akan disampaikan senantiasa menyenangkan, menarik perhatian dan harapannya menjadi lebih diterima dengan baik.

Acara pelatihan ini diawali dengan latihan mengeluarkan suara dengan benar. Seringkali kita, para guru, agak ragu-ragu dalam mengeluarkan suara, sehingga malah tidak optimal. Yang perlu diperhatikan pada bagian ini adalah perlunya keberanian mengeluarkan suara dengan intonasi yang jelas, volume yang bisa dicerna dengan baik. Dalam mengeluarkan suara, memperagakan suatu tokoh diikuti dengan gerakan serta mimik yang sesuai.

Selama pelatihan juga para peserta yang notabene guru-guru TPA se-Qatar, dipacu kreativitasnya dengan praktek membuat barang-barang dari kertas Koran. Agar tertantang untuk selalu bisa berkreasi menggunakan media-media yang seadanya tapi tetap menjadi sesuatu yang menarik ketika proses pengajarn berlangsung.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Menyambut Hari Kepedulian Autis Sedunia PDF Print E-mail
Kegiatan - Pelatihan Jurnalistik
Written by wife   

Doha, 02 April 2010


Parent Support Group Qatar (PSG-Qatar)sedianya akan menyelenggarakan Seminar dalam rangka menyambut World Autism Awareness Day yang jatuh pada tanggal 02 April 2010. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan dari PSG-Qatar .


Tema yang akan diangkat pada acara ini tidak hanya difokuskan untuk para orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus. Dari Ketua PSG –Qatar, Ibu Fajriati, Psi, yang sempat kami hubungi , bahwa selama ini para orang tua telah keliru memahami keberadaan PSG_Qatar, bahwa PSG_Qatar hadir bukan hanya untuk anak-anak penyandang Autisma, tetapi juga bagi setiap orang tua yang mempunyai masalah-masalah lain yang seringkali dijumpai, contohnya gangguan belajar, konsentrasi yang terbatas masalah prilaku dan pola asuh orang tua yang terkadang membuat anak-anak seperti berkebutuhan khusus padahal itu terjadi karena pola asuh yang keliru.


Seminar ini sedianya akan diselenggarakan pada bulan Mei 2010, tetapi kemudian akan diundur karena kesibukan narasumber yang akan kami Undang, Insyaallah setelah hari raya Idul Fitri begitu penjelasan dari ketua PSG_Qatar.

Untuk mengisi kegiatan menyambut World Autism Awareness Day tahun ini, secara Intern PSG-Qatar tetap mengadakan kegiatan yaitu dengan mengadakan In House training dengan salah seorang pakar dari Rumaillah Hospital, yaitu Caroline yang merupakan head of therapys dari CRC Rumaillah Hospital.


Kepada seluruh masyarakat Indonesia di Qatar yang telah menerima informasi tentang seminar ini kami harap tidak kecewa, mudah-mudahan kami dapat merealisasikannya , kami mohon dukungannya semoga PSG_Qatar akan terus meningkatkan kontribusinya”, begitu ujarnya.(wf)

 
ORDER PERTAMAKU PDF Print E-mail
Kegiatan - Pelatihan Jurnalistik
Written by yani ishak   

Doha 11 jun 2010

Kamis sore kira kira jam 3 , telepon rumah ku berdering.Kemudian aku memanggil nugi, anak ku . aku menyuruhnya menjawab telepon. Oh ternyata order pertamaku dari komik.50 porsi bubur ayam untuk bapak bapak sepak bola di al gazal besok pagi.

Segera aku siapkan .tapi aku sempat bingung ,siapa yang bisa membantu ku?karena aku menerima dua order dalam waktu yang sama ,tiba tiba aku teringan dengan seorang ibu mungkin dia bisa bantu aku, Segera aku telepon dia ,sebetulnya aku kasian dengan dia, tapi aku coba minta tolong dengan dia ,alhamdulilah dia bisa membantu aku. dan pekerjaan akupun selesai dengan baik.

Terimakasih ya allah engkau telah melancarkan pekerjaanku.

 

 
Ceria anak TPA PDF Print E-mail
Kegiatan - Pelatihan Jurnalistik
Written by Ndaru   

Gelak tawa anak-anak menambah keceriaan suasana sore itu, walaupun sudah tidak bisa dikatakan musim dingin. Mesaeed di akhir Mei, bertempat didepan rumah salah seorang warga Indonesia yang tinggal diQatar. Acara tahunan yang diadakan TPA TAQWA kali ini lain dari tahun-tahun sebelumnya.  Kalau sebelumnya acara akhir tahun hanya diisi dengan menampilkan kemampuan anak dalam menghafal doa, hadits dan surat dalam Al quran , tapi kali ini acara dikemas dengan kegiatan yang menarik dan menantang, yaitu mencari jejak.

Sekitar  50 anak dibagi menjadi beberapa kelompok. Kemudian pantia sudah menetapkan rute tertentu yang harus dilalui. Yang menarik disini adalah satu kelompok terdiri dari anak dengan usia 4-10 tahun, sehingga anak yang lebih besar harus menjaga anak yang lebih kecil usianya.  Untuk mencapai pos ke pos berikutnya tiap kelompok diberikan perintah yang akan menunjukkan lokasi pos tersebut. Sesampainya di pos, sudah menunggu para panitia yang siap memberikan soal yang harus diselesaikan olah tiap kelompok.

Semua anak terlihat gembira dan antusias menyelesaikan sampai pos terakhir. Setelah itu lomba dilanjutkan dengan fun games.

 
Tips Penulisan Artikel PDF Print E-mail
Kegiatan - Pelatihan Jurnalistik
Written by Al-Faqir   

Tips Penulisan Artikel

Efisien dalam penggunaan kata. Kalimat yang panjang, banyak penggalan selain tidak efisien juaga akan menimbulkan kesalah fahaman pembaca dan akan menghasilkan kesimpulan yang keliru.

Jelas susunan kalimatnya berdasarkan kaidah bahasa yang benar sehingga sasaran dan maksud dari tulisan mudah ditangkap. Bedakan antara fakta dan opini.

Menarik sehingga membangkitkan selera atau minat orang untuk membacanya, dimulai dari kalimat pembuka (lead).

Sederhana dalam pemilihan kata atau dalam penyusunan kalimat agar pembaca mudah untuk mencerna pesan dari tulisan.

Jernih, sebuah tulisan harus transparan, jujur, tulus, bukan prasangka apalagi fitnah, fakta, kebenaran, tidak menambah atau mengurangi, apalagi salah dalam mencerna fakta yang terjadi, teliti kebenaran suatu berita atau keterangan sebelum disiarkan.

 
Murid SDIT Al-Hijrah Tumpah ke Pasar PDF Print E-mail
Kegiatan - Pelatihan Jurnalistik
Written by Supriatna   

Murid SDIT Al-Hijrah Tumpah ke Pasar

 

Pada hari Kamis, 27 Mei 2010, sebanyak 35 orang murid SDIT Al-Hijrah mendatangi Pusat Pasar Tradisional Sei Sikambing Medan. Mereka melakukan study banding dan Perkenalan Langsung dengan dunia nyata tentang “Pasar”. Hal ini merupakan salah satu kegiatan sekolah yang masuk dalam kurikulum sekolah “agar murid SDIT Al-Hijrah dapat mengetahui Pasar Tradional secara nyata”, kata Kepala Sekolah tersebut.

Read more...
 
«StartPrev12345NextEnd»

Page 3 of 5
 

Polling PIP

Bagaimana pendapat anda tentang website baru PIP PKS Qatar?
 

External Link


Warning: Parameter 1 to modMainMenuHelper::buildXML() expected to be a reference, value given in /home/sloki/user/pksqatar/sites/pks-qatar.net/www/libraries/joomla/cache/handler/callback.php on line 99

Statistics

Content View Hits : 1329611
Copyright © 2018 Pusat Informasi dan Pelayanan PKS Untuk Warga Indonesia di Qatar. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.