Home > Kegiatan > Rihlah > Winter Camp 2009

Main Menu


Warning: Parameter 1 to modMainMenuHelper::buildXML() expected to be a reference, value given in /home/sloki/user/pksqatar/sites/pks-qatar.net/www/libraries/joomla/cache/handler/callback.php on line 99

Login



Who's Online

We have 63 guests online

Site info..?

Giveaway of the day

Visitor Data

Winter Camp 2009 PDF Print E-mail
Written by Admin   


WINTER CAMP – PIP PKS
QATAR


Al Ghariya Resort –
Doha, 18-19 December 2009

 


PIP PKS Qatar menggelar kegiatan rihlah (piknik) keluarga dengan tema “Winter Camp 2009 - PIP PKS
Qatar”. Winter camp dilaksanakan pada tanggal 18-19 Dec 2009, bertempat di Al Ghariya Resort, di pinggir pantai, sekitar 90 km arah utara Doha. Acara ini diikuti oleh 39 keluarga dari keluarga besar PKS Qatar.

Ust. Suripan menjelaskan bahwa winter camp ini bertujuan untuk menguatkan silaturrahim bagi seluruh keluarga besar PKS di Qatar dan sebagai sarana "ice breaking" setelah kembali dari mudik summer holiday dan lebaran Idul Fitri lalu. “Biasanya saat liburan summer banyak keluarga yang mudik, terkadang sampai 2 bulan. Apalagi tahun ini bersambung dengan hari raya Idul Fitri. Ice breaking juga diperlukan setelah cukup sibuk beraktifitas di kepanitiaan Ramadhan, Idul Fitri, Qurban dan lainnya” tandas beliau.

 

Udara di Qatar saat itu memang sejuk, suhu sekitar 20 derajat celcius. Saat keberangkatan dari Doha, Allah memberikan nikmat hujan turun deras, satu hal yang sangat jarang terjadi di negara padang pasir. Sangat bermanfaat untuk membersihkan udara dari debu-debu halus padang pasir yang biasanya berterbangan.

Panitia mengemas acara ini dengan sangat apik. Telah disiapkan aneka lomba buat anak-anak seperti balap karung, balap sarung berpasangan, balap kelereng sendok, lari estafet, gerobak sorong. Ada juga lomba kreatifitas dan team building bagi bapak-bapak dengan masing-masing group diminta membuat human machine yang bermanfaat. Dalam waktu kurang dari 3 menit, diperagakan hasil kreatifitas group bentuk menyerupai mobil, kereta api, becak sampai mobil F1.




Untuk membangun kebersamaan, dibuat acara barbeque untuk makan malam. Semua peserta terlibat dalam acara ini. Sesekali canda tawa menyertai seluruh peserta saat memanggang dan menikmati makan malam.


Malam hari diisi dengan pemutaran film Ashabul Kahfi, mentoring Pentingnya Syahadatain bagi anak remaja, kontes pildacil dan juga workshop membangun komunikasi keluarga da’i. Workshop ini dipandu oleh Bu Fajri yang memiliki latarbelakang psikologi yang kuat. Acara berlangsung santai tapi point-point penting tentang pentingnya dan bagaimana teknik membangun komunikasi dalam keluarga da’i tersampaikan dengan jelas.

Juga ada acara qiyamullail bersama dan taujih tentang mendahulukan kepentingan saudara yang lain (Itsar). Pagi harinya diadakan Senam Nusantara PKS yang dipandu oleh tim olahraga, DORA. Puncak dari acara ini adalah game keluarga yang panitia namakan “Petualangan Keluarga – Banyak Jalan Menuju Surga”. Acara ini dikemas dengan sangat baik untuk menegaskan kembali pentingnya tarbiyah keluarga, membangun kerjasama dan komunikasi dalam keluarga, kepemimpinan orang tua dan teknik manajemen konflik.

Acara petualangan dimulai dengan masing-masing keluarga memperkenalkan diri dan jalan kreatif menirukan hewan, kendaraan atau lainnya di depan seluruh peserta. Kemudian secara berkelompok tiap keluarga diminta untuk menuju 5 pos yang telah disiapkan. Masing-masing pos akan memberikan hikmah tersendiri. Ada pos tongkat nabi musa untuk menguji kekompakan keluarga. Di Pos tadabur ayat, keluarga diberi puzzle ayat dan diminta merangkainya, orang tua diminta menjelaskan makna ayat tersebut kepada anggota keluarga. Pos jembatan Shirotol Mustaqim, menguji kerjasama dan manajemen konflik dalam keluarga. Ada juga pos amal baik, amal buruk dan terakhir pos kunci sorga.

 

 




Di akhir acara panitia memberikan hadiah bagi peserta lomba anak dan keluarga. Ada kriteria keluarga dengan manajemen konflik terbaik, keluarga terkompak, keqowaman orang tua, keluarga favorit, keluarga kreatif dan keluarga terbaik.

 




Bagaimana dengan konsumsi? Istimewa!

Makanan tidak berhenti mengalir. Di samping barbeque bareng, panitia menyediakan nasi uduk dengan lauk khas-nya, kacang rebus, pisang rebus, singkong goreng dan aneka makanan dan jajanan khas Indonesia tersedia. Sesuatu yang tidak mudah untuk didapatkan di Qatar.

Kesan dan pesan peserta di akhir acara menunjukkan bahwa seluruh peserta merasa puas dengan acara ini. Meskipun kelelahan namun wajah mereka, orang tua dan anak-anak, kelihatan bahagia.

Selamat dan terimakasih untuk panitia yang telah bekerja keras untuk suksesnya acara ini.

Tim Liputan - Media PIP PKS Qatar

 

 
 

Polling PIP

Bagaimana pendapat anda tentang website baru PIP PKS Qatar?
 

External Link


Warning: Parameter 1 to modMainMenuHelper::buildXML() expected to be a reference, value given in /home/sloki/user/pksqatar/sites/pks-qatar.net/www/libraries/joomla/cache/handler/callback.php on line 99

Statistics

Content View Hits : 1280082
Copyright © 2017 Pusat Informasi dan Pelayanan PKS Untuk Warga Indonesia di Qatar. All Rights Reserved.
Joomla! is Free Software released under the GNU/GPL License.